» Detail News

Kamis, 13 Oktober 2016 - 09:27:30 WIB

Posting by : Maruli Manik
Category    : Market News - Reads : 527



CITA Kantongi Pinjaman US$ 455 Juta


PT Cita Mineral Tbk (CITA) memberi jaminan perusahaan (corporate guarantee) untuk fasilitas kredit yang akan diperoleh anak usahanya, PT Well Harvest Winning Alumina Refinery (WHW). Nilai pinjaman itu mencapai US$ 455 juta atau sekitar Rp 5,92 triliun.

Fasilitas kredit itu diperoleh melalui sindikasi perbankan yang terdiri dari Bank of China Limited-Jakarta Branch, Bank of China Limited-Singapore Branch, DBS Bank Limited, Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia, Oversea-Chinese Banking Corporation Limited, dan Bank OCBC NISP.

Direktur Utama CITA, Liem Hok Seng mengatakan, fasilitas kredit ini akan digunakan untuk membayar kembali pinjaman yang telah digunakan untuk pembangunan pabrik pengolahan (refinery) dan pemurnian bijih bauksit atau Smelter Grade Aluminium (SGA).

Kapasitas produksi alumina dari proyek ini mencapai 2 juta ton yang dibagi dalam dua tahap dengan kapasitas masing-masing sebesar 1 juta ton alumina.

Perseroan juga akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), pelabuhan (jetty) khusus dan infrastruktur penunjang lainnya. Seluruh kegiatan ini berada di Kecamatan Kendawangan Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Sumber bijih bauksit berasal dari beberapa lokasi penambangan bauksit yang berada di Kabupaten Ketapang.

"Sampai dengan periode Agustus 2016, progress tahap satu pabrik Pengolahan dan Pemurnian Bijih Bauksit WHW telah mencapai 98,97%, dan telah beroperasi secara komersial," ujarnya dalam keterbukaan informasi, Rabu (12/10).

Dana investasi yang diperlukan untuk mendirikan pabrik pengolahan bauksit tersebut mencapai US$ 1 miliar. Sehingga, diperlukan pendanaan yang cukup besar. Hingga saat ini, WHW telah menarik pinjaman dari beberapa bank untuk membangun pabrik pengolahan bauksit tahap pertama.

Jumlah yang telah ditarik per 31 Desember 2015 sebesar US$ 380 juta. Sementara per 30 Juni 2016 saldonya sebesar US$ 348 juta dan akan jatuh tempo dalam satu tahun. Untuk melunasi fasilitas pinjaman yang ditarik untuk pembangunan pabrik pengolahan bauksit tahap pertama itu, WHW menarik fasilitas pinjaman baru ini sebesar US$ 455 juta.

Selain CITA yang mengempit 30% saham WHW, pemegang saham WHW lainnya juga memberikan jaminan perusahaan. Mereka adalah Shandong Hongqiao New Materials Co. Ltd yang memiliki 61% saham dan Winning Investment Co. Ltd. yang memiliki 9% saham.

Perseroan akan lebih dahulu meminta restu pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 26 Oktober mendatang.

Sumber : www.kontan.co.id

  Tag :

cita




    Berita Terkait :

  • CITA Mencari Dana untuk Tambahan Modal