» Detail News

Selasa, 14 Januari 2020 - 09:31:58 WIB

Posting by : DEA
Category    : Economic News - Reads : 247



Targetkan 57 Emiten Baru, Begini Gambaran Pipeline IPO Yang Masuk Ke BEI


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sepanjang tahun 2019, ada 55 perusahaan baru yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Total dana segar yang berhasil terkumpul dari initial public offering (IPO) ini mencapai Rp 14,77 triliun.

IPO tahun lalu dominan diisi perusahaan-perusahaan yang menawarkan saham dengan nilai emisi kecil. Secara keseluruhan, rata-rata emisinya sebesar Rp 268,6 miliar.  

Hanya ada tiga perusahaan yang menggelar IPO dengan nilai emisi di atas Rp 1 triliun. Yakni PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk (LIFE) yang melakukan divestasi kepemilikan saham lewat IPO senilai Rp 4,76 triliun, PT Gunung Raja Paksi Tbk (GGRP) Rp 1,03 triliun, dan PT Uni-Charm Indonesia Tbk (UCID) Rp 1,25 triliun.

Untuk tahun 2020, BEI mencatat, sudah ada 27 perusahaan dalam pipeline IPO per Jumat (10/1). Direktur Penilaian BEI I Gede Nyoman Yetna mengatakan, dari jumlah tersebut, sebesar 40% masuk dalam kategori kelas atas dengan aset di atas Rp 250 miliar.

Lalu 30% tergolong kelas menengah dengan aset di atas Rp 50 miliar, dan sisanya termasuk kelas kecil dengan aset sejumlah Rp 5 miliar.

"Yang masuk pipeline sudah submit dokumen dan kami sudah proses. Mereka juga sudah menyelenggarakan mini expose," kata Gede di Jakarta, Jumat (10/1).

Para calon emiten tersebut berasal dari berbagai sektor seperti infrastruktur, transportasi, konsumer, dan properti. Sebagai catatan, 27 perusahaan itu masih memperhitungkan PT Royalindo Investa Wijaya Tbk (INDO) yang resmi tercatat di BEI mulai Senin (13/1).

Sebagai informasi, sepanjang awal tahun ini hingga Senin (13/1), sudah ada empat perusahaan yang listing di BEI. Mereka adalah PT Tourindo Guide Indonesia Tbk (PGJO), PT Bank Amar Indonesia Tbk (AMAR), dan PT Cisadane Sawit Raya Tbk (CSRA), dan INDO. Total nilai emisinya mencapai Rp 367,91 milair dengan rata-rata Rp 91,98 miliar.



Tahun ini, BEI mengharapkan ada minimal 57 perusahaan yang melakukan IPO. Jumlah ini naik dari capaian tahun lalu yang sebanyak 55 perusahaan.

Sumber : www.Kontan

  Tag :

bei




    Berita Terkait :

  • BEI Ingin Liquidity Provider Berlaku Tahun Depan
  • Bursa Kejar Realisasi 25 Perhelatan IPO
  • BEI Ingin Membangunkan Saham Tidur
  • Sembilan Saham Masuk Radar Forced Delisting
  • BEI Revisi Target IPO Tahun Ini Jadi 25 Emiten